Capaian pembelajaran lulusan meliputi sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan pengetahuan yang dirumuskan berdasarkan Permenristekdikti No 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Berdasarkan KKNI, jenjang S1 Program Studi PIAUD masuk ke dalam level 6. Berikut disajikan SKL Prodi Pendidikan yang dinyatakan dalam CPL:

 

Tabel Capaian Pembelajaran Lulusan Program Sudi PIAUD UNU Purwokerto

NoCapaian Pembelajaran Lulusan
1Sikap
 S1Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
S2Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
S3Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
S4Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki  nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
S5Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
S6Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap  masyarakat dan lingkungan;
S7Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
S8Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
S9Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
S10Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
2Pengetahuan
 P1Nilai-nilai keislaman, keindonesiaan, dan kearifan lokal secara mendalam;
P2Menguasai konsep teoritis hubungan keluarga dan komunitas dengan anak usia dini secara mendalam, dengan memperhatikan konsep hubungan keluarga dan komunitas dalam perspektif islam, budaya kedaerahan, serta kemajuan teknologi;
P3Menguasai konsep teoritis asesmen dalam pendidikan anak usia dini secara mendalam;
P4Menguasai Konsep Teoritis Kurikulum, pembelajaran, dan Penataan Lingkungan Belajar di PAUD secara mendalam;
P5Menguasai Konsep teoritis keselamatan, kesehatan dan nutrisi secara mendalam yang mendukung tumbuh kembang anak usia dini;
P6Menguasai konsep teoritis profesionalisme dan kepemimpinan bagi pendidik dan tenaga kependidikan secara mendalam; dan
P7Menguasai konsep teoritis administrasi dan manajemen dalam mengorganisasikan lembaga Pendidikan anak usia dini
3Ketrampilan Umum
 KU1Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
KU2Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur;
KU3Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika  ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
KU4Menyusun deskripsi saintifik dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan  mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
KU5Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penyelesaian  masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis data dan informasi;
KU6Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
KU7Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok melakukan  supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
4Ketrampilan Khusus
 KK1Mampu mengintegrasikan nilai-nilai keislaman, keindonesiaan, dan kearifan lokal dalam konsep teoritis pendidikan anak usia dini;
KK2Mampu mengkaji karakteristik, pengasuhan, serta keterlibatan keluarga dalam pendidikan dan perkembangan anak dalam konsep teoritis hubungan keluarga dan komunitas;
KK3Mampu mendesain asesmen anak usia dini sesuai tahapan perkembangan  melalui metode dan teknik penilaian secara tepat;
KK4Mampu merancang dokumen Kurikulum PAUD dan membuat desain lingkungan belajar di PAUD;
KK5Mampu menerapkan program, kebijakan dan prosedur dalam praktik keselamatan, kesehatan dan nutrisi sesuai dengan tahap perkembangan anak dan kebutuhan individu;
KK6Mampu mengaplikasikan kompetensi profesionalisme dan kepemimpinan terkait dengan etika standar dan pedoman profesional; dan
KK7Mampu   menyelesaikan   masalah administrasidan manajemen dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini secara efektif.

PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2024-2025

Daftarkan sekarang juga, 1. Menyiapkan file berkas pendaftaran, yaitu : Pas Foto (baju putih, background merah), KK, KTP, dan Ijazah/ SKL, dengan format pdf kecuali foto

Read More »